Rabu, 12 September 2018

SEBERAPA BESARKAH... KEPEDULIAN MU kepada AL QUR'AN?

| September 12, 2018 |
SEBERAPA BESARKAH... KEPEDULIAN MU kepada AL QUR'AN?

Firman Allah SWT,

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ رُوحًا مِّنْ أَمْرِنَاۚ مَا كُنتَ تَدْرِى مَا ٱلْكِتَٰبُ وَلَا ٱلْإِيمَٰنُ وَلَٰكِن جَعَلْنَٰهُ نُورًا نَّهْدِى بِهِۧ مَن نَّشَآءُ مِنْ عِبَادِنَاۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِىٓ إِلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) ruh (Al-Qur'an) dengan perintah Kami. Sebelumnya engkau tidaklah mengetahui apakah Kitab (Al-Qur'an) dan apakah iman itu, tetapi Kami jadikan Al-Qur'an itu cahaya, dengan itu Kami memberi petunjuk siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sungguh, engkau benar-benar membimbing (manusia) kepada jalan yang lurus, (QS.Ash-Syura 42:52 ).

Sadarkah diri kita...
Bahwa diri kita ini terlahir dalam kondisi tidak memiliki pengetahuan sedikitpun...namun atas karunia-Nya kita diberikan potensi yang besar u Belajar dan Peduli, agar kita mampu Bersyukur , menggunakan nikmatNya dg baik dan memberikan kemanfaatan kepada Hamba Allah SWT lainnya. QS. 16:78.

Dan juga Allah SWT telah memberikan kepada kita Al Qur'an sebagai CAHAYA, sehingga kita bisa mengetahui tujuan hidup, jalan untuk meraih bahagia, menunjukkan kepada jalan yang lurus.... Dan kita termasuk kepada hamba-hamba pilihan Allah SWT.
Tidakkah kita ini menyadarinya?....
Tidakkah kita ini mengetahui nya?

Saat kita tahu dan sadar....lalu seberapa besarkah kepedulian diri ini kepada Al Qur'an yang diberikan Allah SWT kepada kita semua , yang membawamu pada Kebahagiaan yg sebenarnya?

Jika dirimu peduli......lalu apa yang bisa engkau lakukan terhadap Al Qur'an ini?

1. Sudahkah dirimu Meyakini dg benar?
2. Sudahkah dirimu Membacanya dg benar?
3. Sudahkah dirimu Mempelajarinya dengan baik?
4. Sudahkan dirimu Mengamalkannya dg benar?
5. Sudahkah dirimu Mendakwahkannya agar orang lain meraih Kebahagiaan juga?

Apa yang sudah bisa kita lakukan.....?

Jangan sampai...sudah ada di depanmu namun engkau berpaling ?..

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِى فَإِنَّ لَهُ‌و مَعِيشَةً ضَنكًا وَنَحْشُرُهُ‌و يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ أَعْمَىٰ

Dan barang siapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan Kami akan mengumpulkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta.” (QS.Thaa Ha 20:124 ).

Jangan sampai ada di depanmu..namun tidak membuatmu masuk Surga Nya...

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَآۚ أُولَٰٓئِكَ كَٱلْأَنْعَٰمِ بَلْ هُمْ أَضَلُّۚ أُولَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْغَٰفِلُونَ

Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah. (QS.
Al-A'raf 7:179).

Jangan sampai sudah ada di depanmu...namun tidak membuatmu SEHAT, dan BAHAGIA?..

وَنُنَزِّلُ مِنَ ٱلْقُرْءَانِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَۙ وَلَا يَزِيدُ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar / obat dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zhalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian. (QS.Al-Isra' 17:82).

Tidakkah dirimu menginginkan KEMULIAAN dan SYAFAAT Adi AKHIRAT kelak?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Bacalah Al Qur’an karena sesungguhnya Al Qur’an akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembacanya.” (HR. Muslim)


“Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: ‘Barangsiapa yang disibukkan oleh Al Qur’an dan berdzikir kepada-Ku (hingga lalai) dari memohon kepada-Ku niscaya Aku akan memberikan yang lebih utama daripada yang telah Aku berikan kepada orang-orang yang telah meminta, dan keutamaan Kalamullah daripada seluruh perkataan lainnya sebagaimana keutamaan Allah atas makhluk-Nya.” (HR. Tirmidzi, dan beliau berkata: Hadits Hasan) ....

Ayoo..tekadkan pada diri kita u lebih peduli lagi kepada Al Qur'an.....

Allah SWT Berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن تَنصُرُوا اللهَ يَنصُرْكُمْ وَ يُثَبِّتْ أَقْدَامَكًمْ


Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
[QS Muhammad/ 47: 7].


.........

📌Salam Safa Al Qur'an
by Al faqir Abu Al Mubarak
Back to Top