Kamis, 13 September 2018

MEMELIHARA TAQWA

| September 13, 2018 |
MEMELIHARA TAQWA

Saudara ku..
Kenapa menumbuhkan dan memelihara taqwa itu sangat penting? ....
Menumbuhkan dan menjaga taqwa sangatlah penting dalam kehidupan manusia karena manusia akan terbebas dari segala kesulitan, serta akan menyampaikan kepada tujuan hidup yakni kebahagiaan, keselamatan, kedamaian di dunia dan di akhirat.
Karena taqwa adalah Bekal yang terbaik yang harus kita tingkatkan dan  miliki dg baik.
Ibarat kita ini sedang perjalanan jauh...yang sudah pasti akan di hadapkan dg lika-liku kehidupan, ujian , musibah, halangan, tantangan, kesenangan, yg kita suka atau pun yang tidak menyukai kita, dan pasti juga akan menghadapi musuh. Nah kalau kita tidak mempersiapkan dg baik dan menjaga dg baik sudah pasti kita akan mengalami kesulitan , kepahitan dan penderitaan yg berkepanjangan. Oleh karena menjaga atau memelihara taqwa itu sangat penting.

Lalu bagaimana upaya kita untuk bisa menjaga Taqwa ini.

1. Meningkatkan dan memperbaiki KETAUHIDAN. ( Pahami Rukun Iman dengan baik ).

2. Meningkatkan dan memperbaiki IBADAH ( pahami Rukun Islam dg baik , sholat, zakat, puasa, haji/umrah, tilawah Al Qur'an, dll )

3. Meningkatkan IHSAN , yakni Berbuat baik, menempa diri dengan sifat-sifat mulia, yakni suka memberi atau berkontribusi kepada sesama, berlapang dada, memaafkan, menepati janji, bersabar, disiplin, qanaah, merasa ditatap dan di  awasi Allah SWT serta menjaga diri dari hal-hal yg dilarang Allah SWT atau sesuatu yang di ada-adakan.

Secara umum taqwa itu melaksanakan semua perintah Allah SWT dan menjauhi segala apa yang dilarang Allah SWT dg penuh keikhlasan dan kepatuhan.

Orang yang bertaqwa memiliki perasaan yang sangat menguntungkan, sebab di dalam hatinya terdapat kesadaran bahwa segala perintah Allah adalah pendidikan jiwa yang akan meningkatkan kualitas jiwa manusia. Demikian pula larangan Allah adalah sesuatu yang bila diterjang akan merusak kemuliaan jiwa manusia.

Taqwa yang sebenarnya lah yang di harapkan Allah SWT.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam”. (QS.Ali Imran (3): 102)

Taqwa merupakan ikatan yang mengikat jiwa agar tidak lepas control mengikuti keinginan dan hawa nafsunya. Dengan ketakwaan seseorang dapat menjaga dan mengontrol etika dan budi pekertinya dalam setiap saat kehidupannya karena ketakwaan pada hakikatnya adalah muroqabah dan berusaha keras mencapai keridhoan Allah serta takut dari adzab Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Manfaat Kebaikan yang di dasarkan Taqwa
1. Dipelihara dan dijaga dari musuh-musuh. QS. 3:120, 125.
2. Mendapatkan kebersamaan dg Allah SWT. QS.9:36
3. Solusi kesulitan dan solusi rezeki. QS. 65:2-3.serta kemudahan segala urusan. 65:4
4. Pengampunan Dosa dan kesalahan. QS.65:5
5. Curahan berkah dan Rahmat Allah SWT. QS. 7:96
6. Kebaikan dalam setiap amal. QS. 33:70-71
7. Kasih sayang di dunia dan akhirat serta CAHAYA kehidupan. QS.57:28

Dan kebaikan-kebaikan yang lainnya, maka oleh karena itu marilah untuk senantiasa berbekal hidup ini dg Taqwa jika kita memang termasuk yang mempergunakan akal pikiran kita dg cerdas.

..وَتَزَوَّدُواْ فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى وَاتَّقُونِ يَا أُوْلِي الأَلْبَابِ

“Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah taqwa [124] dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal”. (QS. Al Baqarah (2): 197) .


📌Salam Safa Al Qur'an
by Abu Al Mubarak
Back to Top