Selasa, 11 September 2018

BEKAL TAQWA dan DEKAT dg ALLAH

| September 11, 2018 |
BEKAL TAQWA dan DEKAT dg ALLAH

AL QUR'AN adalah HIDAYAH ALLAH  yang di berikan kepada manusia agar manusia selalu berTAQWA dan  bisa dekat dg Allah SWT melalui pelajaranNya ( Al Qur'an ).

Allah SWT berfirman,

وَكَذَٰلِكَ أَنزَلْنَٰهُ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا وَصَرَّفْنَا فِيهِ مِنَ ٱلْوَعِيدِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ أَوْ يُحْدِثُ لَهُمْ ذِكْرًا

Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Qur'an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menjelaskan berulang-ulang di dalamnya sebagian dari ancaman, agar mereka bertakwa, atau agar (Al-Qur'an) itu memberi pengajaran bagi mereka. (QS.Thaa Ha 20:113 ).

Saudaraku..
Setiap perintah Allah SWT pada intinya menginginkan kepada kita u meraih derajat TAQWA ( QS.2:21 ) atau MULIA ( QS.49:13 ) di hadapan Allah SWT.

Tujuan BESAR hidup manusia adalah IBADAH kepada Allah dan Tidak mempersekutukannya.

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku. ( QS.Azh-Zhariyat 51:56 ).

Maka Ibadah apapun/aktivitas apapun niatkan satu saja yakni IBADAH kpd ALLAH.
Siapapun yang niatnya Ibadah, maka Allah SWT akan Jamin Hidupmu atau REZEKImu. Tidak mungkin Allah SWT memberikan tugas besar kalau tidak dipenuhi kebutuhannya. Ada tugas pasti ada pemenuhan kebutuhan nya.

مَآ أُرِيدُ مِنْهُم مِّن رِّزْقٍ وَمَآ أُرِيدُ أَن يُطْعِمُونِ

Aku tidak menghendaki rezeki sedikit pun dari mereka dan Aku tidak menghendaki agar mereka memberi makan kepada-Ku. (QS.Azh-Zhariyat 51:57 ).
Karena Dialah Allah yang memberikan REZEKI (QS.51:58 ).

Allah SWT menciptakan alam semesta, mengutus para nabi dan RasulNya..tujuannya sama IBADAH ( QS.16:36 ).

Lalu kenapa dalam hidup ini manusia berlaku syirik dalam ibadah...? Bukan kah ia tau bahwa yang menciptakan dirinya adalah Allah SWT,  bukankah yang memberi rezeki adalah Allah SWT ? Kenapa manusia berpaling dari-Nya.

ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْۖ هَلْ مِن شُرَكَآئِكُم مَّن يَفْعَلُ مِن ذَٰلِكُم مِّن شَىْءٍۚ سُبْحَٰنَهُ‌و وَتَعَٰلَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Allah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, lalu mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara mereka yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu yang demikian itu? Mahasuci Dia dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan. QS. Ar-Rum 30:40.

Setiap IBADAH yang kita lakukan harus menyampaikan kita kepada TAQWA dan Dekat dengan Allah SWT (takut), jika ibadah yang kita lakukan tidak menyampaikan TAQWA dan DEKAT dg Allah SWT( takut kpdNya), maka periksa kembali Ibadahmu itu.

Jika kita Membaca Al Qur'an , rajin berinteraksi dg Al Qur'an namun tidak menyampaikan diri kita pada TAQWA dan Dekat dg Allah SWT, maka periksa kembali bacaan Al Quran mu? Renungkan QS.20:113.

Jika Puasa kita tidak bisa menyampaikan pada TAQWA dan Dekat dg Allah SWT, maka periksa kembali PUASA mu ? Renungkan QS.2:183.

Jika Haji /Umrah yang kita lakukan tidak bisa menyampaikan TAQWA dan DEKAT dg Allah SWT, maka periksa kembali Ibadahmu itu? ..renungkan QS.2:197.

Jika Qurban yang kita lakukan tidak bisa menyampaikan pada TAQWA dan DEKAT dg Allah SWT, maka periksa ibadah mu itu? Renungkan QS.22: 37

Jika Sholat, Ibadah yang lain, hidup hingga kematian datang dan...tidak bisa menyampaikan kode TAQWA dan DEKAT dg Allah SWT...periksa kembali....periksa kembali.....periksa kembali... QS.2:21.

Jika HIDUP kita selalu dalam kesedihan, ketakutan, gelisah, tidak dapat solusi dari masalah hidup, kekurangan rezeki, tidak terpenuhi kebutuhan, berada dalam kemaksiatan... dll...berarti engkau sedang jauh dari TAQWA....atau jauh dari Allah SWT. Padahal orang yg TAQWA akan senantiasa jadi Kekasih Allah SWT. QS. 10:62, QS. 65:2-5.

Yunus 10:62

أَلَآ إِنَّ أَوْلِيَآءَ ٱللَّهِ لَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Ingatlah wali-wali Allah itu, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.

Yunus 10:63

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا وَكَانُوا يَتَّقُونَ

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan senantiasa bertakwa.

Dan Kenikmatan terbesar dari Allah SWT bagi orang yg TAQWA adalah SURGA dan Berjumpa Allah SWT.  QS. 50:31-32


.....
📌Salam Safa Al Qur'an
by Al faqir Abu Al Mubarak
Back to Top